Lupa PIN SMS Banking BRI? Ini Cara Mengatasinya

SMS banking adalah salah satu layanan perbankan yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi finansial melalui ponsel. Dengan SMS banking, kamu dapat mengecek saldo, transfer uang, bayar tagihan, dan lain-lain. Salah satu bank yang menyediakan layanan SMS banking adalah BRI.

Namun, apa yang terjadi jika kamu lupa PIN SMS banking BRI? Apakah kamu tidak bisa lagi menggunakan layanan ini? Tentu saja tidak. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Cara Mengatasi Lupa PIN SMS Banking BRI

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi lupa PIN SMS banking BRI, yaitu:

  • Menghubungi call center BRI. Kalian dapat menghubungi nomor 14017 atau 1500017 untuk berbicara dengan customer service BRI. Setelah itu kamu akan diminta untuk memberikan data diri dan nomor rekening. Setelah itu, kamu akan diberikan PIN SMS banking baru yang dapat diganti sesuai keinginan kamu.
  • Mengunjungi kantor cabang BRI. Kamu dapat mengunjungi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa buku tabungan, kartu ATM, dan KTP. Nanti kamu akan diminta untuk mengisi formulir permohonan reset PIN SMS banking. Setelah itu, kalian akan diberikan PIN SMS banking baru yang dapat diganti sesuai keinginan.
  • Menggunakan aplikasi BRImo. Kalian dapat mengunduh aplikasi BRImo di ponsel smartphone kalian. Aplikasi ini adalah aplikasi mobile banking BRI yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi finansial. Kamu dapat masuk ke aplikasi ini dengan menggunakan nomor ponsel dan PIN yang sama dengan SMS banking. Jika kamu lupa PIN SMS banking, kalian dapat mengubahnya melalui aplikasi ini. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka aplikasi BRImo dan masukkan nomor ponsel dan PIN SMS banking.
  2. Pilih menu “Profil” dan pilih “Ubah PIN”.
  3. Masukkan PIN SMS banking lama dan PIN SMS banking baru yang diinginkan.
  4. Konfirmasi PIN SMS banking baru dan klik “Simpan”.
  5. Kalian akan menerima SMS konfirmasi bahwa PIN SMS banking telah berhasil diubah.

Dengan begitu, kamu dapat menggunakan PIN SMS banking baru untuk melakukan transaksi melalui SMS banking.

Keuntungan Menggunakan SMS Banking BRI

SMS banking BRI adalah salah satu layanan perbankan yang memberikan banyak keuntungan bagi nasabah, yaitu:

  • Praktis. Kamu dapat melakukan transaksi finansial kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan ponsel. Kamu tidak perlu repot-repot datang ke ATM atau kantor cabang BRI.
  • Cepat. Kalian dapat melakukan transaksi finansial dengan cepat dan mudah dengan hanya mengirimkan SMS ke nomor 3300. Kamu juga dapat menerima informasi saldo, mutasi rekening, dan lain-lain dengan cepat melalui SMS.
  • Aman. Kamu dapat melakukan transaksi finansial dengan aman dengan menggunakan PIN SMS banking yang hanya kamu ketahui. Kalian juga dapat mengaktifkan fitur notifikasi SMS untuk mendapatkan informasi setiap kali ada transaksi yang terjadi di rekening.
  • Murah. Kamu dapat melakukan transaksi finansial dengan biaya yang murah. Biaya SMS yang dikenakan adalah Rp 500 per SMS. Kamu juga dapat menikmati promo dan diskon dari merchant-merchant yang bekerja sama dengan BRI.

Dengan demikian, SMS banking BRI adalah salah satu layanan perbankan yang sangat bermanfaat bagi nasabah. Kalian juga dapat menikmati layanan ini dengan mudah dan nyaman dengan menggunakan ponsel.

Cara Daftar SMS Banking BRI

Jika kalian belum memiliki layanan SMS banking BRI, kalian dapat mendaftarkannya dengan mudah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendaftar SMS banking BRI, yaitu:

  • Melalui ATM BRI. Kalian dapat mendaftar SMS banking BRI melalui ATM BRI dengan cara sebagai berikut:
  1. Masukkan kartu ATM BRI Anda ke mesin ATM dan masukkan PIN.
  2. Pilih menu “Registrasi” dan pilih “SMS Banking”.
  3. Masukkan nomor ponsel yang digunakan untuk SMS banking dan tekan “Benar”.
  4. Masukkan PIN SMS banking yang di inginkan dan tekan “Benar”.
  5. Konfirmasi PIN SMS banking dan tekan “Benar”.
  6. Kalian akan menerima SMS konfirmasi telah berhasil mendaftar SMS banking BRI.
  • Melalui kantor cabang BRI. Kamu dapat mendaftar SMS banking BRI melalui kantor cabang BRI dengan cara sebagai berikut:
  1. Kunjungi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa buku tabungan, kartu ATM, dan KTP.
  2. Mintalah bantuan petugas untuk mendaftar SMS banking BRI.
  3. Isi formulir pendaftaran SMS banking BRI dan berikan nomor ponsel yang di gunakan untuk SMS banking.
  4. Buat PIN SMS banking yang di inginkan dan konfirmasikan PIN SMS banking.
  5. Setelah itu kamu akan menerima SMS konfirmasi bahwa pendaftaran kamu telah berhasil mendaftar SMS banking BRI.
  • Melalui aplikasi BRImo. Kamu dapat mendaftar SMS banking BRI melalui aplikasi BRImo dengan cara sebagai berikut:
  1. Unduh aplikasi BRImo di ponsel dan buka aplikasi tersebut.
  2. Pilih menu “Daftar” dan masukkan nomor ponsel yang di gunakan untuk SMS banking.
  3. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel dan klik “Lanjut”.
  4. Masukkan nomor rekening BRI dan klik “Lanjut”.
  5. Masukkan PIN ATM BRI dan klik “Lanjut”.
  6. Buat PIN SMS banking yang kalian inginkan dan konfirmasikan PIN SMS banking.
  7. Anda akan menerima SMS konfirmasi bahwa Anda telah berhasil mendaftar SMS banking BRI.

Dengan demikian, kamu dapat mendaftar SMS banking BRI dengan mudah melalui salah satu cara di atas. Setelah mendaftar, kamu dapat langsung menggunakan layanan SMS banking BRI dengan mengirimkan SMS ke nomor 3300 dengan format yang sesuai dengan transaksi yang di inginkan.

Tips Menggunakan SMS Banking BRI dengan Aman

SMS banking BRI adalah salah satu layanan perbankan yang aman, asalkan Anda mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Jaga kerahasiaan PIN SMS banking Anda. Perlu di ingat! kamu tidak boleh memberitahukan PIN SMS banking kepada siapa pun, termasuk petugas bank, keluarga, atau teman. Kamu juga tidak boleh menyimpan PIN SMS banking di ponsel, dompet, atau tempat lain yang mudah dilihat orang. Jika merasa PIN SMS banking telah diketahui orang lain, segera ubah PIN SMS banking melalui ATM, kantor cabang, atau aplikasi BRImo.
  • Perhatikan format SMS yang kamu kirim dan terima. Kamu harus memastikan bahwa format SMS yang kamu kirim dan terima sesuai dengan standar SMS banking BRI. Anda juga harus memastikan bahwa nomor tujuan SMS adalah 3300, dan nomor pengirim SMS yang diterima adalah 3300. Jika menerima SMS dari nomor lain yang mengatasnamakan BRI, abaikan dan laporkan SMS tersebut ke call center BRI.
  • Gunakan ponsel yang aman dan terpercaya. Kamu harus menggunakan ponsel yang aman dan terpercaya untuk mengirim dan menerima SMS banking BRI. Kalian harus menghindari menggunakan ponsel yang rusak, hilang, atau dicuri. Anda juga harus menghindari menggunakan ponsel yang terinfeksi virus, malware, atau aplikasi jahat. Kalian harus selalu memperbarui sistem operasi dan aplikasi ponsel secara berkala.
  • Cek kembali transaksi yang kamu lakukan. Kalian harus selalu cek kembali transaksi yang dilakukan melalui SMS banking BRI. Kalian juga harus memastikan bahwa jumlah uang, nomor rekening, jenis transaksi, dan lain-lain sesuai dengan yang diinginkan. Kamu juga harus memastikan bahwa kamu menerima SMS konfirmasi dari BRI setelah melakukan transaksi. Jika merasa ada kesalahan atau kecurangan dalam transaksi, segera hubungi call center BRI.

Dengan mengikuti tips di atas, Kalian dapat menggunakan SMS banking BRI dengan aman dan nyaman. Kamu juga dapat menghindari risiko kehilangan uang atau data pribadi akibat penipuan atau kejahatan.

Kesimpulan

SMS banking BRI adalah salah satu layanan perbankan yang memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi finansial melalui ponsel. Dengan SMS banking, kalian dapat mengecek saldo, transfer uang, bayar tagihan, dan lain-lain. SMS banking BRI juga memberikan banyak keuntungan bagi nasabah, seperti praktis, cepat, aman, dan murah. Kamu dapat mendaftar SMS banking BRI dengan mudah melalui ATM, kantor cabang, atau aplikasi BRImo. Kamu juga dapat mengatasi lupa PIN SMS banking BRI dengan mudah melalui call center, kantor cabang, atau aplikasi BRImo. Kalian harus mengikuti beberapa tips untuk menggunakan SMS banking BRI dengan aman, seperti menjaga kerahasiaan PIN, perhatikan format SMS, gunakan ponsel yang aman, dan cek kembali transaksi.

Demikianlah artikel saya tentang “lupa pin sms banking bri” dalam bahasa Indonesia yang ramah, semi formal, dan santai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat fintech.id yang menggunakan layanan SMS banking BRI. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Comment