Kerugian Menggunakan Kredivo: Apa Saja dan Bagaimana Menghindarinya?

fintechpost.id – Kredivo adalah salah satu layanan pinjaman online yang menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam mengajukan kredit. Dengan Kredivo, kamu bisa membeli barang atau jasa di berbagai merchant online tanpa perlu kartu kredit. Kamu juga bisa memilih tenor cicilan yang sesuai dengan kemampuan kamu, mulai dari 30 hari hingga 12 bulan. Selain itu, Kredivo juga menawarkan bunga yang rendah, mulai dari 0% hingga 2,95% per bulan.

Namun, meskipun Kredivo memiliki banyak keunggulan, tidak berarti Kredivo tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa kerugian yang bisa kamu alami jika menggunakan Kredivo, baik secara langsung maupun tidak langsung. Apa saja kerugian tersebut dan bagaimana cara menghindarinya? Simak ulasan berikut ini.

Kerugian Menggunakan Kredivo: Overlimit

Salah satu kerugian menggunakan Kredivo adalah overlimit, yaitu keadaan di mana kamu melebihi batas kredit yang diberikan oleh Kredivo. Overlimit bisa terjadi karena beberapa alasan, misalnya kamu lupa membayar cicilan tepat waktu, kamu mengajukan pinjaman baru sebelum melunasi pinjaman lama, atau kamu membeli barang atau jasa yang melebihi nilai kredit yang tersedia.

Akibat overlimit, kamu bisa mendapatkan sanksi dari Kredivo, seperti denda, bunga tambahan, penurunan limit kredit, atau bahkan pemblokiran akun. Selain itu, overlimit juga bisa berdampak buruk pada skor kredit kamu, yang bisa mempengaruhi kemungkinan kamu mendapatkan pinjaman di masa depan.

Untuk menghindari overlimit, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Pastikan kamu mengetahui batas kredit yang dimiliki dan selalu memantau sisa kredit yang tersedia.
  • Gunakan Kredivo sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, jangan tergoda untuk membeli barang atau jasa yang tidak penting atau di luar anggaran.
  • Bayar cicilan tepat waktu, sebaiknya sebelum jatuh tempo, agar tidak terkena denda atau bunga tambahan.
  • Jika kamu ingin mengajukan pinjaman baru, pastikan kamu sudah melunasi pinjaman lama atau setidaknya memiliki cukup kredit untuk pinjaman baru tersebut.
  • Jika kamu mengalami kesulitan dalam membayar cicilan, segera hubungi Kredivo dan minta penjadwalan ulang atau keringanan pembayaran.

Kerugian Menggunakan Kredivo: Rentenir Online

Kerugian menggunakan Kredivo yang lain adalah rentenir online, yaitu pihak-pihak yang mengatasnamakan Kredivo atau mitra Kredivo untuk menipu atau menekan nasabah Kredivo. Rentenir online biasanya menghubungi nasabah Kredivo melalui telepon, SMS, WhatsApp, atau media sosial, dengan modus yang beragam, seperti menawarkan pinjaman dengan bunga rendah, menagih cicilan yang belum jatuh tempo, mengancam akan melaporkan nasabah ke pihak berwajib, atau meminta data pribadi nasabah.

Akibat rentenir online, kamu bisa mengalami kerugian finansial, psikologis, atau bahkan fisik. Kamu bisa kehilangan uang, data pribadi, atau barang berharga jika kamu tertipu oleh rentenir online. Kamu juga bisa merasa tertekan, stres, atau takut jika kamu diancam atau diintimidasi oleh rentenir online. Bahkan, kamu bisa mengalami kekerasan fisik jika rentenir online datang ke rumah atau tempat kerja kamu.

Untuk menghindari rentenir online, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Pastikan kamu hanya menghubungi nomor resmi Kredivo, yaitu 021-8066-1888, atau email resmi Kredivo, yaitu [email protected], untuk berkomunikasi dengan Kredivo.
  • Jangan pernah memberikan data pribadi, seperti nomor KTP, nomor rekening, atau password, kepada pihak yang mengaku dari Kredivo atau mitra Kredivo, tanpa verifikasi terlebih dahulu.
  • Jangan pernah mentransfer uang atau memberikan barang berharga kepada pihak yang mengaku dari Kredivo atau mitra Kredivo, tanpa konfirmasi terlebih dahulu.
  • Jika kamu menerima telepon, SMS, WhatsApp, atau media sosial dari pihak yang mencurigakan, segera blokir atau laporkan nomor atau akun tersebut.
  • Jika kamu merasa ditipu, diancam, atau diintimidasi oleh rentenir online, segera laporkan ke pihak berwajib atau Kredivo.

Kerugian Menggunakan Kredivo: Ketergantungan

Kerugian menggunakan Kredivo yang terakhir adalah ketergantungan, yaitu keadaan di mana kamu menjadi terlalu bergantung pada Kredivo untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan kamu. Ketergantungan bisa terjadi karena kamu merasa Kredivo memberikan kemudahan dan keuntungan yang tidak bisa kamu dapatkan dari sumber lain. Ketergantungan juga bisa terjadi karena kamu tidak memiliki pengelolaan keuangan yang baik, sehingga kamu sering kekurangan uang atau mengalami defisit anggaran.

Akibat ketergantungan, kamu bisa mengalami masalah keuangan yang serius, seperti utang yang menumpuk, pengeluaran yang membengkak, atau tabungan yang menipis. Selain itu, ketergantungan juga bisa berdampak negatif pada kesehatan mental kamu, seperti stres, cemas, atau depresi. Bahkan, ketergantungan juga bisa mengganggu hubungan kamu dengan orang lain, seperti keluarga, teman, atau pasangan.

Untuk menghindari ketergantungan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Gunakan Kredivo sebagai solusi terakhir, bukan sebagai pilihan pertama, jika kamu membutuhkan pinjaman. Pertimbangkan sumber lain yang lebih aman dan lebih murah, seperti tabungan, investasi, atau pinjaman dari keluarga atau teman.
  • Buat anggaran keuangan yang realistis dan disiplin dalam menjalankannya. Catat semua pemasukan dan pengeluaran kamu, serta tentukan prioritas dan batasan kamu. Jangan menghabiskan lebih dari yang kamu hasilkan.
  • Menabung secara rutin dan konsisten, minimal 10% dari penghasilan kamu. Gunakan tabungan kamu untuk keperluan darurat atau investasi jangka panjang, bukan untuk konsumsi sehari-hari.
  • Belajar mengatur emosi dan mengendalikan diri. Jangan mudah terpengaruh oleh iklan, promo, atau gaya hidup orang lain. Beli barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu, bukan karena ingin ikut-ikutan atau pamer.
  • Minta bantuan atau dukungan dari orang lain yang kamu percaya, seperti keluarga, teman, atau konsultan keuangan, jika kamu merasa kesulitan dalam mengatasi ketergantungan pada Kredivo.

Kesimpulan

Kredivo adalah layanan pinjaman online yang menawarkan banyak keuntungan, seperti kemudahan, kecepatan, dan bunga rendah. Namun, Kredivo juga memiliki beberapa kerugian, seperti overlimit, rentenir online, dan ketergantungan. Kerugian-kerugian ini bisa berdampak negatif pada keuangan, kesehatan, dan hubungan kamu.

Oleh karena itu, kamu harus bijak dan hati-hati dalam menggunakan Kredivo. Gunakan Kredivo sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu, jangan tergoda untuk berlebihan atau berutang tanpa perencanaan. Bayar cicilan tepat waktu dan sesuai dengan kesepakatan. Jangan mudah percaya atau memberikan data pribadi kepada pihak yang tidak resmi. Belajar mengelola keuangan dengan baik dan menabung untuk masa depan. Jika kamu mengalami masalah atau kesulitan dengan Kredivo, segera hubungi Kredivo atau minta bantuan orang lain yang kamu percaya.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan Kredivo dengan optimal dan menghindari kerugian yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih telah membaca.

Leave a Comment