3 Cara Mudah Cek Angsuran Pinjaman BRI

Fintechpost.id – Apakah kamu termasuk salah satu nasabah yang memiliki pinjaman di Bank Rakyat Indonesia (BRI)? Jika iya, tentu kamu perlu mengetahui cara mudah cek angsuran pinjaman BRI agar bisa mengatur keuangan dengan baik. Cek angsuran pinjaman BRI adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa kamu tidak telat membayar cicilan pinjaman dan menghindari denda atau bunga yang bisa menambah beban.

Namun, bagaimana cara cek angsuran pinjaman BRI yang mudah dan praktis? Apakah kamu harus datang ke kantor cabang BRI atau menghubungi customer service BRI? Ternyata, kamu tidak perlu repot-repot melakukan hal tersebut. Ada beberapa cara cek angsuran pinjaman BRI yang bisa kamu lakukan secara online, yaitu melalui internet banking, mobile banking, atau SMS banking BRI. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang cara cek angsuran pinjaman BRI melalui ketiga layanan tersebut.

Cara Cek Angsuran Pinjaman BRI Melalui Internet Banking

Internet banking BRI adalah layanan perbankan online yang bisa Anda akses melalui website resmi BRI di alamat https://ib.bri.co.id. Dengan menggunakan internet banking BRI, kamu bisa melakukan berbagai transaksi perbankan tanpa harus datang ke kantor cabang BRI, termasuk cek angsuran pinjaman BRI. Berikut ini adalah langkah-langkah cara cek angsuran pinjaman BRI melalui internet banking:

  1. Kunjungi website internet banking BRI di https://ib.bri.co.id.
  2. Masukkan user ID dan password kamu, lalu klik login.
  3. Pilih menu “Info Rekening” di bagian kiri halaman.
  4. Pilih submenu “Info Pinjaman” di bawah menu “Info Rekening”.
  5. Pilih jenis pinjaman yang kamu miliki, misalnya Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).
  6. Akan muncul informasi detail tentang pinjaman kamu, seperti nomor rekening, nama, alamat, jenis pinjaman, plafon, saldo pinjaman, angsuran pokok, angsuran bunga, jatuh tempo, dan status pembayaran.
  7. Kamu bisa mencetak atau menyimpan informasi tersebut sebagai bukti atau referensi.

Cara cek angsuran pinjaman BRI melalui internet banking ini sangat mudah dan cepat, namun kamu harus memiliki user ID dan password internet banking BRI terlebih dahulu. Jika belum memiliki user ID dan password internet banking BRI, kamu bisa mendaftarkannya di kantor cabang BRI terdekat atau melalui ATM BRI.

Cara Cek Angsuran Pinjaman BRI Melalui Mobile Banking

Mobile banking BRI adalah layanan perbankan online yang bisa kamu akses melalui aplikasi BRI Mobile yang bisa di unduh di smartphone. Dengan menggunakan mobile banking BRI, kamu bisa melakukan berbagai transaksi perbankan kapan saja dan di mana saja, termasuk cek angsuran pinjaman BRI. Berikut ini adalah langkah-langkah cara cek angsuran pinjaman BRI melalui mobile banking:

  1. Buka aplikasi BRI Mobile di smartphone.
  2. Masukkan user ID dan password, lalu klik login.
  3. Pilih menu “Info Rekening” di bagian bawah halaman.
  4. Pilih submenu “Info Pinjaman” di bawah menu “Info Rekening”.
  5. Pilih jenis pinjaman yang kamu miliki, misalnya Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).
  6. Akan muncul informasi detail tentang pinjaman kamu, seperti nomor rekening, nama, alamat, jenis pinjaman, plafon, saldo pinjaman, angsuran pokok, angsuran bunga, jatuh tempo, dan status pembayaran.
  7. Kamu bisa mencetak atau menyimpan informasi tersebut sebagai bukti atau referensi.

Cara cek angsuran pinjaman BRI melalui mobile banking ini sangat praktis dan fleksibel, namun kamu harus memiliki user ID dan password mobile banking BRI terlebih dahulu. Jika belum memiliki user ID dan password mobile banking BRI, kamu bisa mendaftarkannya di kantor cabang BRI terdekat atau melalui ATM BRI.

Cara Cek Angsuran Pinjaman BRI Melalui SMS Banking

SMS banking BRI adalah layanan perbankan online yang bisa kamu akses melalui SMS yang dikirim dari nomor handphone. Dengan menggunakan SMS banking BRI, kamu bisa melakukan berbagai transaksi perbankan dengan mudah dan murah, termasuk cek angsuran pinjaman BRI. Berikut ini adalah langkah-langkah cara cek angsuran pinjaman BRI melalui SMS banking:

  1. Ketik SMS dengan format: PINJAMAN(spasi)PIN(spasi)JENIS_PINJAMAN(spasi)NOMOR_REKENING. Contoh: PINJAMAN 123456 KUR 1234567890123456.
  2. Kirim SMS tersebut ke nomor 3300.
  3. Kamu akan menerima balasan SMS yang berisi informasi detail tentang pinjaman, seperti nomor rekening, nama, alamat, jenis pinjaman, plafon, saldo pinjaman, angsuran pokok, angsuran bunga, jatuh tempo, dan status pembayaran.
  4. Kamu bisa menyimpan SMS tersebut sebagai bukti atau referensi.

Cara cek angsuran pinjaman BRI melalui SMS banking ini sangat sederhana dan hemat, namun kamu harus memiliki nomor handphone yang terdaftar sebagai SMS banking BRI terlebih dahulu. Jika belum memiliki nomor handphone yang terdaftar sebagai SMS banking BRI, kamu bisa mendaftarkannya di kantor cabang BRI terdekat atau melalui ATM BRI.

Kesimpulan

Cek angsuran pinjaman BRI adalah salah satu cara untuk mengontrol keuangan dan menghindari keterlambatan pembayaran yang bisa menimbulkan denda atau bunga. Ada beberapa cara cek angsuran pinjaman BRI yang bisa Anda lakukan secara online, yaitu melalui internet banking, mobile banking, atau SMS banking BRI. Ketiga cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun semuanya sama-sama mudah dan praktis. Anda bisa memilih cara cek angsuran pinjaman BRI yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Demikian artikel yang saya buat tentang cara mudah cek angsuran pinjaman BRI. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu dalam mengelola pinjaman kamu di BRI. Jika memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis.

Leave a Comment