Tabel Angsuran Dana Haji BRI Syariah: Cara Mudah Menunaikan Ibadah Haji

Fintechpost.id – Menunaikan ibadah haji adalah impian bagi setiap umat Islam. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan finansial untuk mewujudkan impian tersebut. Biaya haji yang terus meningkat setiap tahunnya membuat banyak orang harus menabung selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun untuk bisa berangkat ke tanah suci.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Ada solusi mudah dan praktis untuk mewujudkan impian berhaji tanpa harus menunggu lama. Yaitu dengan menggunakan produk Dana Haji BRI Syariah. Produk ini adalah produk pembiayaan haji berbasis syariah yang ditawarkan oleh Bank BRI Syariah kepada nasabahnya. Dengan produk ini, kamu bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan haji dengan angsuran yang ringan dan fleksibel, serta berbagai keuntungan lainnya.

Penasaran bagaimana cara kerja produk Dana Haji BRI Syariah ini? Bagaimana cara mengajukannya? Berapa besar angsuran yang harus kamu bayar setiap bulannya? Dan apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari produk ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Dana Haji BRI Syariah?

Dana Haji BRI Syariah adalah produk pembiayaan haji berbasis syariah yang ditawarkan oleh Bank BRI Syariah kepada nasabahnya. Produk ini merupakan solusi bagi kamu yang ingin menunaikan ibadah haji tanpa harus menunggu lama dan mengeluarkan biaya yang besar.

Dengan produk ini, kamu bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan haji dengan plafon maksimal sebesar biaya haji reguler yang ditetapkan oleh pemerintah. Anda juga bisa memilih jangka waktu angsuran yang sesuai dengan kemampuan, mulai dari 12 bulan hingga 120 bulan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan lainnya, seperti:

  • Bunga yang rendah dan kompetitif, yaitu sebesar 0,83% per bulan (flat).
  • Proses pengajuan yang mudah dan cepat, cukup dengan mengisi formulir dan melampirkan dokumen yang diperlukan.
  • Tidak ada biaya administrasi, provisi, atau biaya lainnya.
  • Tidak ada denda keterlambatan pembayaran angsuran.
  • Tidak ada biaya pelunasan sebelum jatuh tempo.
  • Gratis asuransi jiwa syariah selama masa pembiayaan.
  • Gratis biaya perjalanan haji (tiket pesawat, akomodasi, makan, transportasi, dan lain-lain) sesuai dengan paket yang dipilih.
  • Gratis biaya manasik haji dan bimbingan haji.
  • Gratis perlengkapan haji (koper, tas, mukena, sarung, dan lain-lain).
  • Gratis souvenir haji (kurma, zam-zam, tasbih, dan lain-lain).
  • Gratis pengurusan paspor, visa, dan vaksin.
  • Gratis pengiriman barang-barang haji ke rumah Anda.
  • Gratis jemputan dari rumah ke bandara dan sebaliknya.
  • Gratis pendampingan oleh petugas BRI Syariah selama perjalanan haji.
  • Prioritas pemberangkatan haji sesuai dengan nomor porsi yang Anda dapatkan.

Dengan begitu, tidak perlu khawatir lagi dengan biaya dan proses perjalanan haji. Anda hanya perlu fokus pada ibadah dan menikmati pengalaman spiritual yang luar biasa di tanah suci.

Bagaimana Cara Mengajukan Dana Haji BRI Syariah?

Mengajukan Dana Haji BRI Syariah sangat mudah dan praktis. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi kantor cabang BRI Syariah terdekat atau hubungi petugas BRI Syariah yang kamu kenal.
  2. Pilih paket haji yang kamu inginkan, sesuai dengan biaya, jadwal, dan fasilitas yang ditawarkan.
  3. Isi formulir pengajuan Dana Haji BRI Syariah dan lampirkan dokumen yang diperlukan, yaitu:
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
    • Kartu Keluarga (KK).
    • Nomor Induk Kependudukan (NIK).
    • Bukti penghasilan (slip gaji, surat keterangan kerja, atau buku tabungan).
    • Surat keterangan sehat dari dokter.
    • Pas foto berwarna ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar.
    • Materai Rp 6.000 sebanyak 2 lembar.
  4. Tunggu proses verifikasi dan persetujuan dari pihak BRI Syariah. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 3 hari kerja.
  5. Jika pengajuan disetujui, kamu akan mendapatkan surat perjanjian pembiayaan haji yang harus di tanda tangani.
  6. Setelah itu, kamu akan mendapatkan nomor porsi haji dan bukti pembayaran uang muka sebesar 10% dari biaya haji.
  7. Selanjutnya, kamu harus membayar angsuran setiap bulannya sesuai dengan jangka waktu yang di pilih.
  8. Kamu juga harus mengikuti program manasik haji dan bimbingan haji yang diselenggarakan oleh BRI Syariah.
  9. Setelah kamu melunasi seluruh angsuran, kamu akan mendapatkan surat keterangan lunas dan surat keterangan berangkat haji.
  10. Kamu juga akan mendapatkan perlengkapan haji, souvenir haji, dan tiket perjalanan haji.
  11. Kamu siap berangkat haji dengan nyaman dan aman bersama BRI Syariah.

Mudah sekali, bukan? kamu tidak perlu repot-repot mengurus segala sesuatunya sendiri. Kamu hanya perlu mengajukan Dana Haji BRI Syariah dan menyerahkan semuanya kepada BRI Syariah. BRI Syariah akan membantu mewujudkan impian berhaji dengan mudah dan praktis.

Bagaimana Tabel Angsuran Dana Haji BRI Syariah?

Untuk mengetahui berapa besar angsuran yang harus di bayar setiap bulannya, kamu bisa melihat tabel angsuran Dana Haji BRI Syariah berikut ini. Tabel ini berdasarkan biaya haji reguler tahun 2024 yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar Rp 35.235.000. Anda bisa memilih jangka waktu angsuran yang sesuai dengan kemampuan, mulai dari 12 bulan hingga 120 bulan.

Jangka Waktu (bulan)Angsuran per Bulan (Rp)Total Pembayaran (Rp)
123.228.75038.745.000
241.614.37538.745.000
361.076.25038.745.000
48807.18838.745.000
60645.75038.745.000
72538.12538.745.000
84461.51838.745.000
96403.59438.745.000
108358.75038.745.000
120322.87538.745.000

Kamu bisa melihat bahwa angsuran yang harus di bayar setiap bulannya sangat terjangkau dan sesuai dengan kemampuan. Kamu bisa melihat bahwa total pembayaran yang kamu bayar tidak jauh berbeda dengan biaya haji reguler. Ini karena bunga yang dikenakan oleh BRI Syariah sangat rendah dan kompetitif. Anda tidak perlu khawatir dengan adanya biaya tambahan atau biaya tersembunyi yang akan membebani.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Dana Haji BRI Syariah?

Selain angsuran yang ringan dan fleksibel, serta bunga yang rendah dan kompetitif, ada banyak keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan Dana Haji BRI Syariah. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Kamu bisa menunaikan ibadah haji lebih cepat dan mudah, tanpa harus menunggu lama di daftar tunggu haji reguler yang bisa mencapai puluhan tahun.
  • Kamu bisa menentukan sendiri jadwal keberangkatan haji, sesuai dengan nomor porsi yang di dapatkan. Kamu juga bisa memilih paket haji yang sesuai dengan keinginan, baik itu paket reguler, khusus, atau plus.
  • Kamu bisa mendapatkan fasilitas perjalanan haji yang lengkap dan berkualitas, mulai dari tiket pesawat, akomodasi, makan, transportasi, dan lain-lain. Kamu juga bisa mendapatkan perlengkapan haji, souvenir haji, dan asuransi jiwa syariah secara gratis.
  • Kamu bisa mendapatkan bimbingan dan pendampingan haji yang profesional dan berpengalaman, baik sebelum, selama, maupun sesudah perjalanan haji. Kamu juga bisa mengikuti program manasik haji yang diselenggarakan oleh BRI Syariah untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental.
  • Kamu bisa mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi dan pembayaran angsuran. Anda bisa membayar angsuran melalui berbagai saluran, seperti ATM, mobile banking, internet banking, atau kantor cabang BRI Syariah. Kamu bisa mendapatkan informasi dan layanan terkait produk Dana Haji BRI Syariah melalui call center, website, atau media sosial BRI Syariah.
  • Kamu bisa mendapatkan kepastian dan keamanan dalam bertransaksi dan beribadah. Produk Dana Haji BRI Syariah sudah mendapatkan izin dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Produk ini juga sudah bekerja sama dengan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk menjamin kualitas dan akuntabilitas produk.
  • Kamu bisa mendapatkan keberkahan dan ketenangan dalam beribadah. Produk Dana Haji BRI Syariah mengikuti prinsip-prinsip syariah yang sesuai dengan ajaran Islam. Produk ini tidak mengandung unsur riba, gharar, maysir, atau hal-hal yang dilarang oleh syariah. Produk ini juga bertujuan untuk membantu umat Islam menunaikan ibadah haji dengan mudah dan praktis.

Dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaat dan keuntungan yang luar biasa jika Anda menggunakan Dana Haji BRI Syariah. Anda bisa menunaikan ibadah haji dengan nyaman, aman, dan berkualitas, tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar atau menunggu lama. Kamu  bisa mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang terbaik dari BRI Syariah, bank syariah terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Kesimpulan

Dana Haji BRI Syariah adalah produk pembiayaan haji berbasis syariah yang ditawarkan oleh Bank BRI Syariah kepada nasabahnya. Produk ini merupakan solusi bagi yang ingin menunaikan ibadah haji tanpa harus menunggu lama dan mengeluarkan biaya yang besar.

Dengan produk ini, Kamu bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan haji dengan plafon maksimal sebesar biaya haji reguler yang ditetapkan oleh pemerintah. Anda juga bisa memilih jangka waktu angsuran yang sesuai dengan kemampuan Anda, mulai dari 12 bulan hingga 120 bulan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan lainnya, seperti bunga yang rendah dan kompetitif, gratis biaya perjalanan haji, gratis perlengkapan haji, gratis asuransi jiwa syariah, dan lain-lain.

Untuk mengajukan Dana Haji BRI Syariah, kamu hanya perlu mengunjungi kantor cabang BRI Syariah terdekat atau hubungi petugas BRI Syariah yang kamu kenal. Anda juga perlu mengisi formulir pengajuan dan melampirkan dokumen yang diperlukan. Setelah itu, akan mendapatkan nomor porsi haji dan bukti pembayaran uang muka. Selanjutnya, kamu harus membayar angsuran setiap bulannya sesuai dengan jangka waktu yang di pilih. Setelah melunasi seluruh angsuran, kamu akan mendapatkan surat keterangan lunas dan surat keterangan berangkat haji. Anda siap berangkat haji dengan nyaman dan aman bersama BRI Syariah.

Demikianlah ulasan lengkap tentang tabel angsuran Dana Haji BRI Syariah dan cara mudah menunaikan ibadah haji. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin berhaji dengan mudah dan praktis. Jika tertarik dengan produk ini, segera hubungi BRI Syariah dan wujudkan impian berhaji sekarang juga. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga sukses.

Leave a Comment