Bunga Cicilan Traveloka Paylater Per Bulan: Apa yang Perlu Kamu Ketahui?

Fintechpost.id – Traveloka Paylater adalah salah satu fitur yang ditawarkan oleh Traveloka, platform online untuk memesan tiket pesawat, hotel, tiket kereta api, dan berbagai layanan lainnya. Traveloka Paylater memungkinkan kamu untuk membayar pesanan Traveloka secara cicilan dengan bunga yang rendah dan fleksibel. Fitur ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur atau bepergian tanpa harus mengeluarkan uang tunai sekaligus.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan Traveloka Paylater, ada baiknya kamu mengetahui lebih dulu tentang bunga cicilan Traveloka Paylater per bulan. Bunga cicilan adalah biaya tambahan yang harus kamu bayar selain pokok pinjaman. Bunga cicilan ini akan mempengaruhi jumlah cicilan yang harus kamu bayar setiap bulannya. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana cara menghitung bunga cicilan Traveloka Paylater dan apa saja faktor yang mempengaruhinya.

Apa itu Bunga Cicilan Traveloka Paylater?

Bunga cicilan Traveloka Paylater adalah persentase dari pokok pinjaman yang harus kamu bayar sebagai biaya penggunaan fasilitas cicilan. Bunga cicilan ini berbeda-beda tergantung pada jumlah pinjaman, tenor cicilan, dan skor kredit kamu. Skor kredit adalah nilai yang menunjukkan kemampuan kamu untuk membayar kembali pinjaman. Semakin tinggi skor kredit kamu, semakin rendah bunga cicilan yang akan kamu dapatkan.

Bunga cicilan Traveloka Paylater dikenakan per bulan, bukan per tahun. Artinya, kamu hanya perlu membayar bunga cicilan untuk bulan yang sedang berjalan, bukan untuk seluruh masa pinjaman. Misalnya, jika kamu meminjam Rp 10 juta dengan bunga cicilan 2% per bulan dan tenor 12 bulan, maka bunga cicilan yang harus kamu bayar untuk bulan pertama adalah Rp 200 ribu (2% x Rp 10 juta). Untuk bulan kedua, bunga cicilan yang harus kamu bayar adalah Rp 196 ribu (2% x Rp 9,8 juta), dan seterusnya.

Bagaimana Cara Menghitung Bunga Cicilan Traveloka Paylater?

Untuk menghitung bunga cicilan Traveloka Paylater, kamu bisa menggunakan rumus berikut:

Bunga cicilan per bulan = Bunga cicilan per tahun / 12 x Sisa pokok pinjaman

Bunga cicilan per tahun adalah persentase bunga cicilan yang ditetapkan oleh Traveloka Paylater untuk pinjaman kamu. Sisa pokok pinjaman adalah jumlah pinjaman yang belum kamu bayar. Kamu bisa mengetahui bunga cicilan per tahun dan sisa pokok pinjaman kamu melalui aplikasi Traveloka atau website Traveloka.

Contoh:

Kamu meminjam Rp 10 juta dengan bunga cicilan 24% per tahun dan tenor 12 bulan. Berapa bunga cicilan yang harus kamu bayar setiap bulannya?

Jawab:

Bunga cicilan per bulan = 24% / 12 x Rp 10 juta = Rp 200 ribu

Bunga cicilan untuk bulan pertama adalah Rp 200 ribu. Untuk bulan kedua, kamu harus mengurangi sisa pokok pinjaman kamu dengan jumlah cicilan yang sudah kamu bayar. Misalnya, jika cicilan per bulan kamu adalah Rp 1 juta, maka sisa pokok pinjaman kamu untuk bulan kedua adalah Rp 9 juta (Rp 10 juta – Rp 1 juta). Bunga cicilan untuk bulan kedua adalah:

Bunga cicilan per bulan = 24% / 12 x Rp 9 juta = Rp 180 ribu

Begitu seterusnya sampai kamu melunasi seluruh pinjaman kamu.

Bagaimana Cara Menghemat Bunga Cicilan Traveloka Paylater?

Bunga cicilan Traveloka Paylater memang tergolong rendah dibandingkan dengan pinjaman online lainnya. Namun, tentu saja kamu tetap ingin menghemat bunga cicilan sebanyak mungkin, bukan? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat bunga cicilan Traveloka Paylater:

  • Pilih tenor cicilan yang sesuai dengan kemampuan kamu. Tenor cicilan adalah jangka waktu yang kamu pilih untuk membayar cicilan. Traveloka Paylater menawarkan tenor cicilan mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan. Semakin lama tenor cicilan yang kamu pilih, semakin besar total bunga cicilan yang harus kamu bayar. Oleh karena itu, pilihlah tenor cicilan yang sesuai dengan kemampuan kamu untuk membayar cicilan setiap bulannya. Jangan memilih tenor cicilan yang terlalu panjang hanya karena ingin mendapatkan cicilan yang lebih ringan.
  • Bayar cicilan tepat waktu. Ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bayarlah cicilan kamu tepat waktu sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Jika kamu telat membayar cicilan, kamu akan dikenakan denda keterlambatan yang akan menambah beban kamu. Selain itu, membayar cicilan tepat waktu juga akan meningkatkan skor kredit kamu, yang berarti kamu bisa mendapatkan bunga cicilan yang lebih rendah untuk pinjaman selanjutnya.
  • Lunasi pinjaman lebih cepat jika memungkinkan. Jika kamu memiliki uang lebih, kamu bisa melunasi pinjaman kamu lebih cepat dari tenor cicilan yang sudah kamu pilih. Dengan begitu, kamu bisa menghemat bunga cicilan yang harus kamu bayar. Traveloka Paylater tidak mengenakan biaya pelunasan lebih awal, jadi kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa melunasi pinjaman kamu kapan saja melalui aplikasi Traveloka atau website Traveloka.

Kesimpulan

Traveloka Paylater adalah fitur yang memudahkan kamu untuk membayar pesanan Traveloka secara cicilan dengan bunga yang rendah dan fleksibel. Namun, sebelum kamu menggunakan fitur ini, kamu harus mengetahui tentang bunga cicilan Traveloka Paylater per bulan. Bunga cicilan adalah biaya tambahan yang harus kamu bayar selain pokok pinjaman. Bunga cicilan ini berbeda-beda tergantung pada jumlah pinjaman, tenor cicilan, dan skor kredit kamu.

Kamu bisa menghitung bunga cicilan Traveloka Paylater per bulan dengan rumus: Bunga cicilan per bulan = Bunga cicilan per tahun / 12 x Sisa pokok pinjaman. Kamu juga bisa menghemat bunga cicilan dengan memilih tenor cicilan yang sesuai, membayar cicilan tepat waktu, dan melunasi pinjaman lebih cepat jika memungkinkan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin menggunakan Traveloka Paylater. Selamat mencoba dan selamat berlibur!

Leave a Comment